Rabu, 26 Januari 2011

Suzuki Kizashi Melesat Cepat



-Saat pagelaraan IIMS berlangsung beberapa waktu lalu, ada sosok sedan baru yang turut dipajang oleh pihak ATPM Suzuki, yang tak lain merupakan varian sedan baru dan bernama Suzuki Kizashi. Walau pun pada saat itu pihak Suzuki belum dapat menyatakan mengenai kapan sedan baru itu akan hadir merambah jalanan tanah air, namun masalah kepastian sepertinya telah bulat dari pihak Suzuki Indonesia untuk memboyong Kizashi.
Beberapa waktu lalu varian baru dari keluarga sedan sport Suzuki ini ternyata berhasil dimodifikasi oleh American Suzuki Motor Corporation (ASMC) yang merupakan salah satu divisi racing Suzuki di negeri paman Sam. Tercatat Izashi menjadi salah satu sedan tercepat dengan waktu 327,855 Km/jam  mengalahkan waktu sebelumnya yang hanya sebesar 325,571 km/jam saja. Tenaganya melesat hingga mencapai 203.720 mph.
Pengujian atau tester yang dilakukan oleh pihak ASMC mengambil lokasi di Road & Track International editor, Sam Mitanidi, di lintasan Bonneville Salt Flats yang memang terkenal sebagai lintasan trek untuk pengujian kecepatan maksimum dari sebuah kendaraan bermotor.
Apa yang dibuktikan oleh sedan baru ini memang cukup mencenangkan, namun apa yang membuat sedan ini begitu beringas dan memiliki tenaga dasyat rupanya hasil dari olahan bumbu-bumbu dapur pacunya. Seperti peracikan ulang intake manifold baru, header berdesain long tube, sampai dengan silinder head yang dipangkas beberpa mili untuk mendongkrak tenaga karena kompresinya yang padat. Selain itu juga instalasi forged piston yang turut disematkan untuk mendapatkan power tinggi di putaran atasnya.
Demi segi safetynya, Kizashi dilengkapi dengan perangkat khusus seperti parasut untuk pengereman, jok balap, pembekuan kaca belakang shingga tidak mudah pecah bila terjadi kecelakaan dan sebagainya demi melibas panasnya trek sepanjang 1.921 meter tersebut.
Nah bagi Anda penggila kecepatan tidak ada salahnya menajajal ketangguhan sedan baru Suzuki ini, tapi Anda harus bersabar, karena unitnya belum sah meluncur di tanah air.
Technical Specifications – 2010 Suzuki Kizashi Bonneville Special :
Wheelbase: 106.3 inches, Overall Length: 183.1 inches, Overall Width: 71.7 inches, Engine: 2.4 liter, turbocharged four-cylinder, 16-valve DOHC engine, Turbo Boost: 16 psi (Turbonetics), Horsepower: 513 wheel hp @ 7,700 rpm, Torque: 515 lb.-ft. @ 5,500 rpm, Transmission: 6-speed manual, Brakes: Front ventilated disc brakes/Rear disc brakes (and parachute), Tires: 15x7-inch Goodyear Front Runner®.
Teks/foto: *stan/www.suzukiasmc.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...