Sabtu, 22 Januari 2011

Konsep Car Dari Sang Legenda, Dodge Hemi Charger 1964

Siapa yang tak mengenal mobil-mobil muscle car dari negeri paman Sam yang identik dengan performa dan powernya yang cukup buas semenjak dulu bahkan sampai saat ini. Nah, salah satu muscle car yang cukup melegenda pada eranya di sekitar tahun 1960-an adalah Dodge Hemi Charger 1964.

Mobil yang ternyata memilki sejarah panjang dalam keluarga Dodge, karena seri Hemi ternyata merupakan mobil yang menggunakan teknologi Charger pertamakalinya di keluarga Dodge, oleh karena itu pula makanya dinamakan Hemi Charger.

Konsep Hemi Charger dirancang pada 1963 yang disokong oleh Polara, tujuannya tidak lain adalah untuk memperkenalkan mesin terbaru dari Chrysler’s pada waktu itu yang ditempatkan pada mobil ini dengan nama Hemi V8 dan memiliki dimensi sekitar 426 kubik inci (7,0 liter).

Sang legenda ini rupanya akan turut unjuk gigi dalam gelaran tahunan Arizona Automobiles yang diselengarakan di Arizona Biltmore Resort & Spa, pada 20 Januari 2011 mendatang. Meskipun RM Auctions yang merupakan salah satu rumah lelang ternama untuk mobil-mobil klasik belum mengumumkan secara resmi mengenai detail harganya, tetapi diperkirakan Hemi Charger ini akan dibandrol lebih dari lebih dari $1,1 milyar atau sekitar Rp. 11 milyar. Woow, cukup fantastic bukan untuk sebuah ukuran mobil klasik ….

Mendiang John M. O’Quinn adalah orang yang saat ini tercatat sebagai pemilik sang legenda, dan selama 47 tahun kehadirannya sang legenda sempat dimiliki beberapa kolektor kenamaan dunia. Sang legenda juga pernah memenangkan penghargaan Fran Roxas dengan original 15 race Hemi engines, yang mampu menghasilkan 600 lebih tenaga kuda.

Konsep Dodge Hemi Charger 1964 dilengakapi dengan transmisi otomastis 3 kecepatan, suspensi semi elliptic leaf spring indepention di bagian depan dan belakang, daya cengkaram yang kuat dengan dimensi 4.56:1, rear axle dan juga four wheel hydraulic drum brakes.

Untuk seukuran pada jamanya sang legenda Hemi Charger nyaris terlihat sempurna dengan adanya teknologi climate-controlled layaknya mobil-mobil mewah saat ini.

Teks/edit/foto: *noe/stan/www

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...